Saturday, May 30, 2009

Guruh Gipsy - Self Title (1976)


Download lagu Guruh Gipsy dari album Guruh Gipsy (1976) :
  1. Barong Gundah
  2. Chopin Larung
  3. Geger Gelgel
  4. Indonesia Maharddika
  5. Janger 1897 Saka
  6. Sekar Ginotan
  7. Smaradhana
Guruh Gipsy adalah sebuah nama besar dalam catatan perjalanan musik di Indonesia. Terdiri dari nama-nama besar di industri musik seperti Guruh Soekarnoputra (piano, gamelan), Keenan Nasution (drum, vokal), Chrisye (vokal, bass), Roni Harahap (piano, kibor), Oding Nasution (gitar) dan Abadi Soesman (synthesizers).

Kelompok yang hanya berumur satu tahun (1976-1977) ini hanya melahirkan satu album berjudul Guruh Gipsy yang dirilis menjelang akhir tahun 1976. Sebuah eksperimen yang dianggap banyak menghabiskan biaya produksi dan memiliki nilai terobosan yang ambisius. Tak semua orang mengenal maupun menikmati karya kolosal ini ketika album ini dirilis di pasaran. Tapi siapa mengira, 30 tahun kemudian album Guruh Gipsy menjadi album yang paling banyak dicari-cari orang. Mungkin karena faktor kelangkaannya, album ini pun menjadi topik diskusi para penggemar musik rock progresif di Eropa, Jepang dan Amerika.

Dari ukuran industri album Guruh Gipsy mungkin tidak memenuhi target penjualan, namun secara artistik album ini bisa menjadi inspirasi untuk generasi setelahnya.

***

No comments:

Post a Comment